Skip to content
IMG_2141

Sertijab Kecamatan Cimanggis

Pada pagi hari ini Senin 29 Agustus 2016, apel pagi gabungan di halaman Kantor Kecamatan Cimanggis mengawali kegiatan serah terima jabatan antara pejabat lama dan pejabat baru di lingkup Kecamatan. Apel yang dimulai Pukul 07.30 WIB , dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua PKK Kelurahan yang mengalami rotasi jabatan pada tanggal 19 Agustus 2016 yang lalu. Secara keseluruhan ada 8 (Delapan) jabatan yang di rotasi, 2 pada kantor Kecamatan dan 6 di kantor Kelurahan. Ada 4 (Empat) Kelurahan yang memiliki pejabat lurah  baru dan pada hari ini  istri lurah  baru dilantik sebagai ketua PKK Kelurahan, yaitu Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kelurahan Tugu, Kelurahan Cisalak Pasar dan Kelurahan Harjamukt. Satu jabatan  Sekretaris Kelurahan terisi pada Kelurahan Mekarsari sedang Kelurahan Pasir Gunung Selatan masih belum terisi, dikarenakan Sekretaris Kelurahan yang lama mendapatkan promosi jabatan menjadi Lurah Tugu. Sedang di Kecamatan sendiri 2 jabatan terisi Sekretari Kecamatan dan Kepala Kasi Pemberdayaan Masyarakat. IMG_2135IMG_2121IMG_2138

IMG_2114

Mancing Mania di Setu Gadog

IMG_2115Beragam kegiatan dapat dilakukan dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 Tahun 2016. Salah satunya kegiatan yang bertema “Mancing Mania” yang dilaksanakan oleh Pokja Setu Gadok Kelurahan Cisalak Pasar. Pada hari ini minggu 28 Agustus 2016 bertempat di setu Gadog acara “mancing mania”  resmi dibuka oleh Camat Cimanggis Drs. Henry Mahawan pada sekitar pukul 07.30 WIB. Kegiatan “Mancing Mania”  merupakan ajang perlombaan dan hiburan untuk para penghobi mancing dan juga hiburan bagi warga cisalak pasar khususnya  dan warga kecamatan cimanggis pada umumnya. Lebih dari 470 lapak pancing terisi penuh, dan memang panitia sengaja untuk membatasi peserta hanya 500 lapak. Dengan biaya  sebesar Rp. 120.000,- para mancing mania ini dapat mulai berlomba  mendapatkan ikan mas terbesar dan meraih juara pertama (juara I) senilai Rp. 2. 000.000,- (Dua Juta Rupiah), juara II senilai Rp. 1.500.000,-  juara III senilai Rp. 1. 000.000,- dan juara ke-IV  dengan nilai hadiah Rp. 500.000,-. Selain itu juga para mancing mania berusaha untuk mendapatkan ikan mas kunpay (berwarna merah) sebagai  hadiah lansung sebesar Rp. 500.000,-  (Lima Ratus Ribu Rupiah), hadiah  ini diberikan  panitia sebagai bonus hadiah yang disediakan dari donatur salah seorang warga cisalak pasar yang bernama H. Dony. Acara lomba ini berlangsung sampai jam 15.00 WIB,walaupun demikian panitia membolehkan untuk melanjutkan memancing hingga malam hari, eit..bukan itu aja..bahkan pada malam hari ini masyarakat cimanggis boleh datang dan menyaksikan  panggung hiburan dangdut yang telah disediakan panitia. Selamat dan sukses buat Tim Pokja Setu Gadok   bersama dengan muspika cimanggis yang telah menjadikan setu gadog bersih dari sampah dan dapat digunakan untuk   sarana hiburan masyarakat cimanggis. IMG_2113IMG_2110IMG_2114

IMG_2065

Penyuluhan Interaktif Polisi Dengan Masyarakat

Dalam rangka mewujudkan keamanan dan kenyamanan  lingkungan  dalam kehidupan bermasyarakat, Polsek Kecamatan Cimanggis melaksanakan kegiatan yang melibatkan peserta dari unsur pengurus Rukun Warga dan Pokdar Kamtibmas se-Kecamatan Cimanggis dalam acara Penyuluhan Interaktif Polisi dengan Masyarakat. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka HARKAMTIBMAS. Tujuan kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini Jum’at, 12 Agustus 2016 ini memang bertujuan untuk lebih mendekatkan aparat kepolisian dengan masyarakat serta membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. dengan kegiatan ini pula diharapkan akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat, sehingga dengan rasa percaya ini diharapkan polri akan bersinergi dengan masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Polri berkeinginan untuk menjadikan rasa percaya masyarakat ini ditingkatkan untuk menjadi mitra dalam menangkal segala tantangan dan hambatan dalam kemanan dan ketertiban masyarakat. Ini merupakan kontribusi yang sangat baik dalam persefektif ketahanan nasional, sehingga situasi ini menjadi kondusif bagi percepatan pembangunan nasional. ayoooo..buat lah masyarakat bangga memiliki POLRI, ..POLMAS  !!!IMG_2065 IMG_2064IMG_2060
IMG_2062

IMG_2058

Sosialisasi Kelurahan Layak Anak

Cimanggis, Jum’at 12 Agustus 2016, pada hari diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Kelurahan Layak Anak. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok sebagai pelaksana kegiatan sengaja menjadwalkan kegiatan ini di Kecamatan agar para peserta sosialisasi lebih antusias untuk menghadirinya, karena jaraknya yang dekat. Para peserta memang didominasi  Kader PKK Kelurahan Se-Kecamatan Cimanggis,selain ada dari unsur pegawai kelurahan dan LPM Kelurahan. Drs. Mohamad Reva Sosiawan,Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Cimanggis  menyambut baik atas teselenggaranya acara ini. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat memahami pentingnya pembentukan Kelurahan Layak Anak sebagai upaya melindungi anak sebagai generasi penerus bangsa. Pentingnya anak dilindungi bukan hanya dari kejahatan fisik  tetapi juga dari kejahatan seksual dan kekerasan verbal. Banyak faktor yang melatarbelakangi terjadi kekerasan/kejahatan terhadap anak mulai dari faktor lingkungan sosial, media elektronik dan media cetak,dampak negatif perkembangan teknologi dan informasi. Setidaknya ini yang menjadi alasan perlunya untuk segera dibentuk Kelurahan Layak Anak, selain itu juga ada alasan lainnya yaitu  :

  • Kelurahan merupakan lingkungan yang paling dekat dengan komunitas anak-anak, sehingga keadaan Desa/Kelurahan berpengaruh langsung terhadap perlindungan, pertumbuhan dan pengembangan bakat serta minat anak ;
  • Desa/Kelurahan Layak Anak dirancang untuk menumbuhkan suasana dan lingkungan tempat tinggal yang memastikan bahwa anak menjadi bagian tak terpisahkan dalam setiap proses pembangunan mulai dari perencanaan,penganggaran,pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi.

Dalam kesempatan ini Dra. Eviati, M.Si, Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Perlindungan Anak BPMK Kota Depok, banyak pihak yang  berperan dalam usaha perlindungan anak. Dalam hal ini yang paling dominan dimulai dari lingkungan sosial terkecil dalam keluarga. Kondisi keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik dan mental anak. Seorang anak memerlukan kondisi dimana ia merasa aman dan nyaman karena perhatian dan kasih sayang orang tua. Pada kondisi dimana anak mendapatkan  hal ini mudah-mudahan anak dapat tumbuh optimal, selain sebagai orang tua juga harus memperhatikan hak-hak anak lainnya. Setidaknya ada 31 hak anak yang perlu untuk diketahui, diantaranya anak mempunyai hak untuk :

  1. Bermain;
  2. Berkreasi;
  3. Berkumpul ;
  4. Berpartisifasi;
  5. Bebas Melakukan kegiatan agamanya;
  6.  Kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang;
  7. Hidup dengan orang tuanya;
  8. Berhubungan dengan orang tua jika hidup terpisah;
  9. dan lain sebagainya.

semoga segala usaha yang dilakukan pemerintah yang didukung oleh setiap elemen masyarakat akan mampu menciptakan kondisi lingkungan yang layak untuk hidup dan kehidupan. Aamiin YRAIMG_2056

IMG_2024

Perawatan Peralatan Kebersihan

Cimanggis 22 Juli 2016, pagi ini terlihat beberapa petugas K3 Kecamatan sedang memperbaiki alat pemotong rumput. Kegiatan K3 merupakan program Kecamatan yang ada pada Kasi Pemberdayaan Masyarakat. Hingga saat ini personil K3 berjumlah 12 orang, dan mereka mempunyai tugas dan fungsi untuk menjaga kebersihan dan keindahan kantor kecamatan serta lingkungan sekitar kecamatan yang meliputi 6 Kelurahan.IMG_2024IMG_2020IMG_2021

IMG_1717

Bimtek Wawasan Kebangsaan

Pada hari ini Kamis, 2 Juni 2016 bertempat di Gedung Pertemuan Sekar Peni Jl. Siliwangi No. 14 – Pancoranmas, setidaknya hadir 110  peserta atau lebih ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam acara Bimtek Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Aparatur Sipil Negara se-Kota Depok. Read more

13310380_1745096762441327_1606060311858091200_n

Lomba Ketahanan Keluarga TK. Kota Depok

Senin, 30 Mei 2016 bertempat Aula Lt. 2 Kecamatan Cimanggis dilaksanakan kegiatan lomba ketahanan keluarga, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua  TP-PKK Kota Depok yang juga merupakan ketua Tim Penilai Lomba TK. Kota Depok. Read more

Recent Articles

20
Apr
20170420_125419

Persiapan Kegiatan HUT Kota Depok Tk. Kecamatan Cimanggis

Dalam rangka meriahkan HUT Kota Depok ke-18 , panitia Tk kecamatan menyelenggarakan Gebyar Cimanggis Ceria dengan rangkaian acara  :

  1. Gerak jalan santai;
  2. Senam massal sahabat remaja & lansia;
  3. Lomba tumpeng;
  4. Lomba marawis remaja;
  5. Turnamen Futsal;
  6. Lomba kebersihan;
  7. Deklarasi bebas sampah 2020;
  8. Cerdas cermat  ibu pkk;
  9. Lomba B2sa;
  10. Kreativitas Seni & budaya karang taruna;
  11. Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Adapun jadwal kegiatan Gebyar Cimanggis Ceria :

  1. Kelurahan Harjamukti, Minggu, 30 April 2017;
  2. Kelurahan Tugu, Sabtu, 06 Mei 2017;
  3. Kelurahan Curug, Sabtu,06 Mei 2017;
  4. Kelurahan Cisalak Pasar, Minggu 07 Mei 2017;
  5. Kelurahan Mekarsari, Sabtu, 13 Mei 2017.

Puncak acara seluruh kegiatan Gebyar Cimanggis Ceria dipusatkan dikelurahan Pasir Gunung Selatan.

31
Mar
IMG-20170331-WA0040

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di wilayah Mekarsari

20170331_223210 20170331_223617Pada malam hari ini Sabtu, 31 maret 2017 Walikota Depok menghadiri acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW  yang dirangkai dengan Haul Syekh Abdul Qodir Jailani di wilayah Kel. Mekarsari – Kec. Cimanggis. Acara yang berlangsung dengan rangkaian acara pembacaan Maulid (Rawi) dan pembacaan manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani, salah satu tokoh Sufi dalam islam. Tujuan di selenggarakannya Peringatan Maulid dan Haul ini adalah dalam rangka meneladani sosok seorang Nabi dan Rosululloh SAW sebagai panutan  hidup bermasyarakat dengan Ahlaq dan budipekerti yang baik berlandaskan iman dan islam. Selain itu juga untuk mengenang sejarah Waliulloh serta meneladani Ahlaq dan kemuliaan (Karomah) seorang ulama sufi  yang masih merupakan ahlul Bait,keturunan Rosulloh SAW. Beliau adalah ABDUL QADIR bin MUSA bin ABDULLAH bin YAHYA AZZAHID bin MUHAMMAD bin DAUD bin MUSA bin ABDULLAH bin MUSA AL–JUN bin ABDULLAH AL–MAHDI bin HASAN MASTNA bin HASAN bin ALI bin ABI THOLIB RADIYALLAHU ANHUM AJMAIIN.

Terkait dengan program pemerintah untuk tercapainya visi dan misi Kota Depok,kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, yang tercermin dalam interaksi sosial dan perilaku hidup bermasyarakat islami, dengan demikian kegiatan ini mempunyai kontribusi dalam pencapaian visi Kota Depok yang  Unghul,Nyaman dan Religius. Aaminn

IMG-20170331-WA0040IMG-20170331-WA003420170331_223143

24
Mar
IMG-20170324-WA0030[1]

Ngupi Bareng Wakil Walikota

Pada malam hari ini Wakil Walikota menyambangi warga Rt. 06 Rw. 04 Kelurahan Tugu dalam kegiatan informal ngupi bareng wakil walikota. Kunjungan ini memang sengaja dilakukan Wakil Walikota berserta rombongan  dalam rangka lebih dekat dan akrab dengan warga , mendengar berbagai aspirasi dan berkolaborasi dalam membangun Kota Depok. Kegiatan ini memang juga sebagai implementasi ” Depok Kota Bersahabat’  or ” Depok, A  Friendly City”. Sahabat memiliki arti seseorang yang sangat dekat, tempat curhat dan bertukar pikiran atau pendapat. Branding Depok bersahabat memiliki makna bahwa  pemerintah berupaya untuk membangun kembali keakraban,kebersamaan dan keperdulian dalam kehidupan masyarakat Kota Depok. Dengan kata lain pemerintah mengharapkan adanya komunikasi  efektif dalam suasana penuh keakraban seperti layaknya seorang sahabat untuk berkolaborasi dalam pembangunan. Ibaratnya Kota Depok  sebagai suatu bangunan gedung, mari bersama-sama kita membangun gedung ini bukan hanya agar kuat dan  kokoh tetapi juga penuh dengan dekorasi indah yang kemudian kita nyaman untuk tinggal bersama di dalam gedung tersebut.

Ayoo..bersama kita bisa membangun Kota Depok yang bersahabat untuk mewujudkan Depok Unggul,Nyaman dan Religius. IMG-20170324-WA0029[1]IMG-20170324-WA0025[1]IMG-20170324-WA0030[1]

24
Mar
20170323_100139[1]

Peningkatan Kapasitas Pengurus DKM Se-Kecamatan Ciamanggis

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid se-Kecamatan Cimanggis yang diselenggarakan oleh Kasi Kemasyarakatan dan Pelayanan Masyarakat pada hari Rabu, 23 Maret 2017 terlihat cukup banyak pesertanya. Walaupun terlihat masih  banyak bangku yang kosong minimal 60 % dari  98 DKM yang ada di wilayah kecamatan cimanggis hadir dan mengikuti acara dengan antusias. Para ketua DKM memang rata-rata berusia lanjut, walaupun terlihat ada juga yang muda-muda namun mungkin karena faktor cuaca yang sejak Rabu pagi sudah di guyur hujan menjadi penyebab ketidak hadiran peserta kegiatan.

Hadir sebagai nara sumber Kepala KUA dan Ketua MUI Kecamatan Cimanggis dan dengan pemandu  Suhadi,S.Sos,MH (Sekcam Cimanggis), kegiatan yang dimulai sekitar jam 09.00 WIB berlangsung sampai dengan jam 11.30 WIB. Kegiatan ini memang memfokuskan pada peningkatan kemampuan para DKM dalam tugas dan fungsinya untuk memakmurkan masjid dengan berbagai aktifitas yang mendukung fungsi masjid itu sendiri. Secara umum materi yang diberikan oleh Kepala KUA dan Ketua MUI meliputi :

  1. Fungsi Masjid ;
  2. Kualitas pengurus masjid;
  3. Fungsi Masjid Zaman Rosulloh;
  4. Rukun Khutbah Jum’at.

Mengenai fungsi, Masjid merupkan sarana pembinaan iman bagi kaum muslim. oleh karena itu, Rasulloh SAW membina kekokohan iman para sahabatnya di masjid. Masjid digunakan untuk berbagai bentuk peribadatan dan mengkaji ajaran islam yang dapat mengkokohkan keimanan.Kekokohan iman membuat seorang muslim dengan senang hati malaksanakan ajaran islam,memakmuran masjid merupakan salah satunya. Hal ini sesuai dengan Firman Alloh SWT “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian,serta tetap mendirikan shalat,menunaikan zakat dan tidak takut selain kepada Allah,maka merekalah orang-orang yang mendapat petujuk ‘(at-taubat:18)

Nilai yang penting lainnya dari fungsi masjid sebagai sarana pembinaan masyarakat yang islami,karena masjid merupakan tempat berkumpulnya anggota masyarakat agar dibina menjadi masyarakat yang islami. Beberapa fungsi lainnya sebagai sarana pengkokoh ukhuwah islamiayah dan sebagai sarana perjuangan serta tarbiyah,pendidikan dan pembinaan umat.

Terkait dengan program pemerintah Kota Depok, ini merupakan salah satu usaha untuk mewujudkan Visi dan Misi Kota Depok. Sebagai mana kita ketahui Visi Kota Depok Menuju Kota Depok  yang ungul,nyaman dan religius, dan kegiatan ini sangat mendukung untuk tercapainya masyarakat religius yang  mempraktekan cara-cara hidup bermasyarakat sesuai dengan aturan-aturan agama yang dianutnya. Semoga saja…

  1. 20170323_100139[1] 20170323_100150[1] 20170323_102855[1]
21
Mar
IMG_2593

Rakoor Minggon Kecamatan Cimanggis

Selasa pagi (21 Maret 2017) telah diadakan Rapat Koordinasi Mingguan atau yang sering disebut rapat minggon, bertempat dilantai 3 (tiga) kantor Kecamatan Ciamanggis. Peserta rapat terdiri dari Muspika Kecamatan Cimanggis antara lain dari Kodim,Polres dan KUA serta MUI  Kecamatan Cimanggis. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh  UPT Dinas Pendidikan , UPT Dinas Kesehatan Kecamatan Cimanggis dan PLN Depok. Agenda Rakoor ini antara lain membahas tentang keamanan dan ketertiban masyarakat terkait kerusuhan yang terjadi antara pengemudi Transportasi online dengan pengemudi Transportasi Konvensional (Angkot) di beberapa daerah khususnya di Jawa Barat.Dalam sambutannya Kapolsek Cimanggis menyampaikan bahwa untuk mengantisifasi meluasnya kerusuhan yang terjadi di Bogor, aparat polsek cimanggis tengah bersiaga di daerah perbatasan Bogor – Depok yaitu diujung  bawah fly over Cibinong. Danramil Cimanggis menambahkan bahwa permasalahan angkutan umum baik online maupun konvensional merupakan permasalahan ekonomi masyarakat dan rezeki setiap orang itu tidak akan tertukar. Hendaknya antara kedua pihak saling memahami bahwa setiap orang berhak untuk berusaha untuk memenuhi kebutuhan ekonominya  dan ada rezekinya masing-masing.

Kerusuhan-kerusuhan yang terjadi merupakan fenomena hidup bermasyarakat, adanya rasa tersaingi,menurunnya pendapatan karena beralihnya penumpang merupakan dua hal yang melatarbelakangi timbulnya kerusuhan. Kalau mencari siapa yang salah dalam hal ini tidak akan menyelesaikan permasalahan,bisa saja angkutan online  salah karena tidak memberlakukan tarif yang berlaku umum dan bersaing sehat, atau bisa juga angkutan konvensional yang salah karena tidak peka terhadap perkembangan teknolog dan menerapkan aplikasi yang menarik konsumen/penumpang. Bisa saja angkot misalnya untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan angkutan tersebut dengan meningkatkan pelayanan tidak ugal-ugalan dijalan,kursi pakai busa tebal, bersih dengan tersedianya tempat sampah, pakai Ac dan ada sentuhan teknologi informasi seperti  televisi,video dan lain sebagainya yang dapat membuat konsumen/penumpang nyaman menggunakan jasa transportasi tersebut. Intinya adalah inovasi yang dikembangkan oleh kedua model transportasi yang merupakan salah satu solusi agar konsumennya tetap menggunakan jasa transportasi tersebut dan tidak pindah ke transportasi lainnya. Selain itu di perlukan aturan-aturan yang jelas,komprehensif dan tuntas serta mengakomodir kedua model angkutan tersebut, dan ini merupakan tugas pemerintah pusat yang harus segera direalisasikan dan sekali lagi harus tuntas jangan setengah-setengah.

Selain membahas tentang sarana transportasi umum, pembahasan lainnya adalah sosialisasi,tentang subsidi listrik untuk konsumen rumah tangga daya 900 VA.  Berdasarkan peraturan Menteri ESDM N0. 28 Tahun 2016, konsumen Rumah Tangga Daya  900 VA dikelompokan menjadi 2 (dua) golongan tarif ;

  1. Tarif R-1/900 , yaitu tarif untuk konsumen miskin dan tidak mampu, maka konsumen golongan ini dikategorikan konsumen tarif bersubsidi dan tidak mengalami kenaikan tarif;
  2. Tarif R-1/900 VA RTM (Rumah Tangga Mampu), yaitu tarif untuk konsumen mampu, tidak lagi disubsidi dan mengalami kenaikan tarif listrik secara bertahap mulai 1 januari 2017.

Mengenai tarif R-1/900 bersubsidi, masyarakat yang merasa berhak untuk mendapatkan subsidi silakan melaporkan diri dan mengisi formulir pengaduan kepesertaan subsidi listrik di kantor kelurahan tempat tinggal masing-masing.

Beberapa hal yang dibahas dalam rakoor  tidak semuanya dapat di muat dalam postingan ini antara lain administrasi/Retribusi Pernikahan PP. No. 48 tahun 2016 oleh KUA, PendampinganJKN KIS diluar Struktur Puskesmas (UPT Kesehatan) dan OSN  Siswa tingkat Provinsi Jabar dari SDIT Nurul Fikri (UPT, Pendidikan) silahkan di Browsing …

Semoga bermanfaat..

IMG_2593 IMG_2594 IMG_2596 IMG_2597

 

21
Mar
IMG_2614

Nyengget lagi..

Lagi-lagi  Mang Dedi Sadikin pada pagi hari tadi Selasa (21 Maret 2017) bersama dengan kawan-kawan Banpol Satpol PP turun ke jalan RTM – Akses UI kelapa dua nyenggetin spanduk yang di pasang sembarangan. Penertiban kali ini emang rada cape juga ya,, soalnya saya juga ngerasain sendiri pengen tau gimana sih gawean kawan kita ini di jalanaan. Suasana panas,keringetan campur debu udah biasa mereka dapetin setiap kali penertiban. Lagian  ini emang tumben baru juga minggu kemaren operasi sekarang udah operasi lagi. Rasa pengen tau saya membuat saya ikut dalam rombongan yang berjumlah 8 0rang ditambah saya sama bang asrul nyang dateng belakang jadi 10 Orang. Lumayan cape juga saya, keringetan turun naik mobil patroli end panas juga emang, tapi yang paling saya salut ama kawan-kawan kita nih, resiko mereka tuh selain harus waspada dalam gaet-menggaet spanduk , eh..ternyata juga mereka harus bisa ngatur lalu lintas sambil terus waspada ketabrak kendaraan yang memang jam padat aktifitas. Btw… tujuan mereka getol bangetIMG_2625IMG_2609IMG_2620IMG_2618IMG_2603IMG_2617IMG_2613t operasi ini ga laen, mereka pengen kita punya wilayah kecamatan  ini aman,tertib dan tertata rapih, pan kata-nya kebersihan bagian dari pada iman..ok dah liat aja nih poto-poto mereka IMG-20170321-WA0022[1]..maaf ya…

17
Mar
IMG-20170317-WA0003

Jumsih Kelurahan Curug

Jum’at Pagi (17 Maret 2017) beberapa pegawai yang sengaja memakai kaos terlihat sedang kerjabakti membersihkan halaman kantor Kelurahan Curug. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan nyaman. Dalam seminggu 5 (lima) hari kerja, sudah semestinya ada satu hari yang digunakan untuk kegiatan yang dapat meningkatkan komunikasi dan interaksi antar pegawai, salah satunya dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan kantor. Selain itu pada periode pemerintahan yang terdahulu memang  Jum’at itu dijadikan hari untuk bersih-bersih lingkungan dan juga kegiatan olahraga. Ini merupakan kegiatan positif yang harus dibudayakan mengingat manfaatnya untuk lingkungan yang lebih asri dan enak dipandang  serta bikin betah penghuninya.Kegiatan ini akan lebih memberikan manfaat jika melibatkan masyarakat dilingkungan kelurahan, hal ini bisa saja untuk dilakukan dengan kerjasama lurah dan para ketua RW dan RT untuk menggerakan waraga peduli pada lingkungan dengan melaksanakan kerjabakti/Gotong royong membersih lingkungan tempat tinggal.Dengan membangun kesadaran warga akan pentingnya lingkungan yang bersih, bukan hanya akan berdampak pada kesehatan warga itu sendiri tetapi dapat menghindarkan dari musibah (banjir Dan lainnya) yang disebabkan tidak terawatnya lingkungan dan  menumpuknya sampah pada salurah air. Kiranya dengan usaha kebersihan lingkungan yang intens dilakukan bersama minimal seminggu sekali akan mengurangi musibah  penyakit maupun bencana alam berupa banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Kepedulian akan lingkungan  ini perlu terus ditingkatkan oleh pemerintah bukan hanya ditingkat Kelurahan,kecamatan tetapi juga tingkat Kota Depok dalam kerja nyata mewujudkan kota yang nyaman dan bikin betah warga untuk tinggal di Depok.

Selain itu untuk mewujudkan kota Depok yang Ungul, Nyaman dan Religius, kegiatan Jum’at bersih dan Jum’at olah raga merupakan salah satu usaha nyata yang bisa dilakukan, karena unggul dan nyaman harus dimulai dari lingkungan yang unggul,pegawai yang unggul,masyarakat yang unggul yang diawali kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakatnya. Pada akhirnya semua usaha yang dilakukan untuk suatu perubahan yang lebih baik kiranya ini harus dimulai dari pribadi-pribadi yang mempunyai keinginan (niat) yang  diperngaruhi oleh nilai-nilai agama dan kepercayaan yang dianutnya, ini adalah tugas bersama untuk menumbuhkan nilai agama pada pribadi, keluarga dan masyarakat. Pentingnya nilai-nilai agama yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari merupakan landasan utama orang melakukan atau tidak melakukan sesuatu, misalnya dalam hal ini seseorang yang meyakini kebersihan sebagian dari iman, maka  menjaga kebersihan lingkungan merupakan bagian dari ibadah dan memperoleh pahala dari usahanya dan sebaliknya mengotori lingkungan merupakan perbuatan yang berbuah dosa. Jika warga sudah mulai tumbuh kesadaran akan ajaran-ajaran agamanya, bukanlah hal yang mustahil untuk mewujudkan Visi Kota Depok akan jauh lebih  mudah untuk dicapai. Maka tugas pemerintah  menciptakan terlebih dahulu kelurga-keluarga yang unggul (ketahanan keluarga)  yang berlandaskan pada nilai-nilai agama yang dianutnya. Semoga saja……

IMG-20170317-WA0003 IMG-20170317-WA0004 IMG-20170317-WA0005 IMG-20170317-WA0006

17
Mar
IMG-20170315-WA0053

Penertiban Spanduk dan Reklame tahun 2017

Dalam dua pekan terakhir di bulan maret ini Tim Satpol PP Kecamatan Cimanggis telah melakukan penertiban penertiban spanduk dan reklame di jalan alternatif cibubur Kelurahan Harjamukti. Tim yang terdiri dari Satpol PP, Banpol Satpol PP dan petugas K3 Kecamatan Cimanggis mulai beroperasi dari jam 8.30 WIB sampai dengan Jam 12.00 WIB. Dengan jumlah personil yang tidak kurang dari 12 orang ini telah mengumpulkan seratusan Spanduk dan satu buah reklame tanpa ijin yang dipasang sepanjang jalan alternatif cibubur. Sesuatu yang berbeda dalam penertiban kali ini adalah seorang anggota satpol pp  pIMG-20170315-WA0033 IMG-20170315-WA0037 IMG-20170315-WA0038 IMG-20170315-WA0040 IMG-20170315-WA0048 IMG-20170315-WA0050 IMG-20170315-WA0053erempuan satu-satunya yang dimiliki oleh kecamatan ikut dalam penertiban ini, walaupun tidak secara langsung mengaet spanduk akan tetapi lebih pada antisifasi jika  ada  hal-hal yang tidak  diinginkan dilapangan.  Dedi Sadikin dan kawan-kawan memang sengaja memilih lebih memfokuskan penertiban ini dilakukan dijalan alternatif cibubur karena kawasan ini berbatasan langsung dengan DKI Jakarta. Hal ini dimaksudkan pemerintah Kota Depok dalam hal ini Kecamatan Cimannggis memalui Kasi Pemerintahan dan Trantib serius untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban diwilayah. Hal ini tidak lain adalah usaha untuk menegakan Perda dalam penataan lingkukngan yang aman dan nyaman yang diarahkan pada pencapaian  Visi Kota Depok.

24
Feb
20170224_162026

Ngoepi Bareng Walikota

Sore hari tadi Jum’at, 24 Februari 2017, Walikota Depok menyambangi rumah ketua RW. 08 Kelurahan Pasir Gunung Selatan Kecamatan Cimanggis. Walikota beserta  Ajudan  dan tim jepret dari Sekretariat Daerah  serta  tim Patwal Satpol PP dan Dishub Kota Depok tiba di lokasi pada pukul  16.15 WIB , dan memang ini diluar dugaan ketua RW . 08 dan Warga Komplek Paspampres yang semenjak habis sholat Jum’at telah bersiap menyambut kedatangan Walikota yang direncanakan akan tiba pukul 14.30 WIB. Padatnya jadwal kegiatan dan prioritas permasalahan yang harus diselesaiikan segera dan salah satunya saat sore tadi berbarengan dengan adanya demo sejumlah warga dan LSM terhadap aliran Ahmadiyah di Kecamatan Sawangan. Namun demikian akhirnya warga pun dapat bertemu dan berbincang dengan walikota dengan suasana santai dan kekeluargaan. Setelah istirahat sejenak dan mencicipi makanan ringan dibarengi seruput secangkir kopi yang di hidangkan,  ketua LPM Kelurahan harjamukti dan Ketua RW. 08 memberikan sambutan hangat kepada walikota. Acarapun berlanjut dengan  dialog ringan antara walikota dengan para tokoh masyarakat dan juga tokoh agama. Dalam kesempatan tersebut walikota menyampaikan rencana pembangunan gedung untuk optimalisasi pelayanan,  dan warga pun memanfaatkan pertemuan ini untuk menyampaikan berbagai aspirasi dan keluhan mengenai berbagai persoalan wilayah, diantaranya pembangunan jalan lingkungan dan persoalan banjir. Dengan penuh perhatian walikota menanggapi segala aspirasi dan keluhan warga serta memahami dan memberikan solusi berupa upaya yang akan dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan tesebut. Salah satu keseriusan beliau adalah dengan menghadirkan Kepala Dinas yang terkait dengan Infrastruktur lingkungan, Ma nto sebagai kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok menjelaskan bahwa  jalan besar (Jalan Kota) telah mencapai 95 % bagus, namun jalan lingkungan baru 78 %  bagus, mudah-mudahan pada tahun ini dapat ditingkatkan pembangunannya. Sedangkan mengenai masalah banjir, seiring dengan pembangunan jalan tol Cijago akan dibuat sodetan drainase setu pengarengan ke sungai /kali Sugu Tamu dengan harapan ini dapat mengurangi volume banjir yang kerap terjadi di perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh.Ini merupakan Program jangka panjang  yang dibiayai oleh Pemerintah pusat, namun yang saat ini telah dilakukan dan terus akan dilakukan oleh DPUPR adalah normalisasi aliran sungai kali laya yang melewati kedua perumahan tersebut. Semoga segala upaya yang dilakukan oleh Pemkot Depok yang didukung oleh segenap elemen masyarakat akan memberikan kontribusi positif untuk  Kota Depok yang ramah, nyaman dan aman dan juga lebih bersahabat (Depok Friendly City) demi terwujudnya Visi “Kota Depok Ungguh,Nyaman dan Religius”. semoga..

20170224_162028 20170224_162033 20170224_164858

8
Feb
_DSC0149

Pelatihan Kader Posyandu TK. Kecamatan Cimanggis

_DSC0054_DSC0065 _DSC0106Bertempat di lantai 2 Kecamatan Ciamnggis, pelatihan kader posyandu yang semula dijadwalkan dari tanggal 06-09 Februari 2017 dikarenakan berbarengan dengan pelaksaan Forum OPD Kecamatan pada tanggal 09 Februari 2017 di jadwalkan ulang  pada tanggal 13 Februari 2017. Para peserta pelatihan adalah kader Posyandu Rw  dari 6 Kelurahan yang ada di wilayah kecamatan.Adapun nara sumber terdiri dari terkait yaitu Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga(DPPAMK) dan Penyuluh KB Kecamatan. Adapun tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah peningkatan kompetensi kader posyandu dalam tugas dan fungsinya di masyarakat. Hal ini berangkat dari pengertian posyandu yang merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM), yang dikelola dan dikembangkan, dari,oleh dan untuk masyarakat.

IMG_2500

Ada 5 (Lima) kegiatan utama posyandu yaitu KIA,KB, Imunisasi dan Gizi dan Pencegahan dan Penanggulangan diare. Kelima kegiatan ini terintegrasi dengan kegiatan lainnya yang dikenal dengan istilah posyandu terintegrasi multifungsi. ada 13 kegiatan yang harus ada di posyandu  terintegrasi.

  1. Kelompok BKB,BKR dan BKL ;
  2. Dasawisma;
  3. Kelompok PIK – R;
  4. Pos Paud;
  5. Up2K dan UPPKS;
  6. Bank Sampah;
  7. KWT (Kelompok Wanita Tani);
  8. Jumantik;
  9. LBS;
  10. PHBS;
  11. Rumah Sehat;
  12. TOGA;
  13. Hatinya PKK.

Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini akan meningkatkan kompetensi bagi kader posyandu dalam tugas dan fungsinya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Memajukan  Posyandu dengan semangat kerja keras dan kerja ikhlas. Aamin..

IMG_2498