Layanan Kecamatan Agenda Kecamatan Layanan Kota Potensi Unggulan

Detail Berita

Pelatihan Bank Sampah

Keccimanggis 2023-10-20 10:00:00

    Jumat, 20/10/23 Diadakan Acara Pelatihan Bank Sampah Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Depok, Bertempat di Aula Lt. ll kantor Kecamatan Cimanggis. Dihadiri Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Sekretaris Camat Pada Kecamatan Cimanggis, Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan pada Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Depok, para penggerak Bank Sampah yang ada di Kecamatan Cimanggis. Acara Kegiatan Pelatihan Bank Sampah dibuka oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Depok.

            • Bank sampah adalah tempat mengumpulkan sampah yang telah dipilah sebelum nantinya melewati proses,  menjadi produk baru. Pengertian bank sampah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengertian perbankan pada umumnya. Pengelola bank sampah akan mencatat setiap jumlah sampah yang disetorkan individu maupun pihak tertentu.

            • Manfaat Bank Sampah
            • Meskipun dampaknya belum terlalu signifikan, kehadiran bank sampah merupakan salah satu jalan keluar bagi permasalahan timbunan sampah karena mampu memberikan beberapa manfaat seperti berikut ini. 
            • Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang akibat yang ditimbulkan oleh timbunan sampah serta manfaat daur ulang untuk pelestarian lingkungan. 

            Membantu mengurangi penumpukan sampah di lingkungan karena masyarakat tergugah mengumpulkan dan memilah sampah yang bisa didaur ulang. 

            Meminimalkan risiko pencemaran lingkungan karena jumlah sampah yang lambat laun berkurang.

            Mengantisipasi risiko banjir akibat sampah yang menyumbat saluran air dan sungai.

            Mendukung peningkatan taraf hidup masyarakat karena sampah yang terkumpul dapat ditukar dengan hal yang lebih bermanfaat, salah satunya yaitu uang.

            Mensukseskan upaya perusahaan korporat yang konsisten melakukan proses daur ulang untuk menghasilkan produk yang nilai pakai dan nilai ekonominya lebih tinggi.

            Seperti di salah kabupaten yang ada di Jawa Tengah, tidak lagi memerlukan Tempat pembuangan Akhir, dengan adanya Bank Sampah yang dikelola oleh warganya, dan setiap warga iuran setiap bulannya sekitar tiga puluh ribu rupiah untuk uang operasional pengolahan sampah melalui bank sampah tersebut.




              Share: