Pelatihan Kader Posyandu TK. Kecamatan Cimanggis

_DSC0054_DSC0065 _DSC0106Bertempat di lantai 2 Kecamatan Ciamnggis, pelatihan kader posyandu yang semula dijadwalkan dari tanggal 06-09 Februari 2017 dikarenakan berbarengan dengan pelaksaan Forum OPD Kecamatan pada tanggal 09 Februari 2017 di jadwalkan ulang  pada tanggal 13 Februari 2017. Para peserta pelatihan adalah kader Posyandu Rw  dari 6 Kelurahan yang ada di wilayah kecamatan.Adapun nara sumber terdiri dari terkait yaitu Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga(DPPAMK) dan Penyuluh KB Kecamatan. Adapun tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah peningkatan kompetensi kader posyandu dalam tugas dan fungsinya di masyarakat. Hal ini berangkat dari pengertian posyandu yang merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM), yang dikelola dan dikembangkan, dari,oleh dan untuk masyarakat.

IMG_2500

Ada 5 (Lima) kegiatan utama posyandu yaitu KIA,KB, Imunisasi dan Gizi dan Pencegahan dan Penanggulangan diare. Kelima kegiatan ini terintegrasi dengan kegiatan lainnya yang dikenal dengan istilah posyandu terintegrasi multifungsi. ada 13 kegiatan yang harus ada di posyandu  terintegrasi.

  1. Kelompok BKB,BKR dan BKL ;
  2. Dasawisma;
  3. Kelompok PIK – R;
  4. Pos Paud;
  5. Up2K dan UPPKS;
  6. Bank Sampah;
  7. KWT (Kelompok Wanita Tani);
  8. Jumantik;
  9. LBS;
  10. PHBS;
  11. Rumah Sehat;
  12. TOGA;
  13. Hatinya PKK.

Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini akan meningkatkan kompetensi bagi kader posyandu dalam tugas dan fungsinya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Memajukan  Posyandu dengan semangat kerja keras dan kerja ikhlas. Aamin..

IMG_2498