Peningkatan Kapasitas Pengurus DKM Se-Kecamatan Ciamanggis

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid se-Kecamatan Cimanggis yang diselenggarakan oleh Kasi Kemasyarakatan dan Pelayanan Masyarakat pada hari Rabu, 23 Maret 2017 terlihat cukup banyak pesertanya. Walaupun terlihat masih  banyak bangku yang kosong minimal 60 % dari  98 DKM yang ada di wilayah kecamatan cimanggis hadir dan mengikuti acara dengan antusias. Para ketua DKM memang rata-rata berusia lanjut, walaupun terlihat ada juga yang muda-muda namun mungkin karena faktor cuaca yang sejak Rabu pagi sudah di guyur hujan menjadi penyebab ketidak hadiran peserta kegiatan.

Hadir sebagai nara sumber Kepala KUA dan Ketua MUI Kecamatan Cimanggis dan dengan pemandu  Suhadi,S.Sos,MH (Sekcam Cimanggis), kegiatan yang dimulai sekitar jam 09.00 WIB berlangsung sampai dengan jam 11.30 WIB. Kegiatan ini memang memfokuskan pada peningkatan kemampuan para DKM dalam tugas dan fungsinya untuk memakmurkan masjid dengan berbagai aktifitas yang mendukung fungsi masjid itu sendiri. Secara umum materi yang diberikan oleh Kepala KUA dan Ketua MUI meliputi :

  1. Fungsi Masjid ;
  2. Kualitas pengurus masjid;
  3. Fungsi Masjid Zaman Rosulloh;
  4. Rukun Khutbah Jum’at.

Mengenai fungsi, Masjid merupkan sarana pembinaan iman bagi kaum muslim. oleh karena itu, Rasulloh SAW membina kekokohan iman para sahabatnya di masjid. Masjid digunakan untuk berbagai bentuk peribadatan dan mengkaji ajaran islam yang dapat mengkokohkan keimanan.Kekokohan iman membuat seorang muslim dengan senang hati malaksanakan ajaran islam,memakmuran masjid merupakan salah satunya. Hal ini sesuai dengan Firman Alloh SWT “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian,serta tetap mendirikan shalat,menunaikan zakat dan tidak takut selain kepada Allah,maka merekalah orang-orang yang mendapat petujuk ‘(at-taubat:18)

Nilai yang penting lainnya dari fungsi masjid sebagai sarana pembinaan masyarakat yang islami,karena masjid merupakan tempat berkumpulnya anggota masyarakat agar dibina menjadi masyarakat yang islami. Beberapa fungsi lainnya sebagai sarana pengkokoh ukhuwah islamiayah dan sebagai sarana perjuangan serta tarbiyah,pendidikan dan pembinaan umat.

Terkait dengan program pemerintah Kota Depok, ini merupakan salah satu usaha untuk mewujudkan Visi dan Misi Kota Depok. Sebagai mana kita ketahui Visi Kota Depok Menuju Kota Depok  yang ungul,nyaman dan religius, dan kegiatan ini sangat mendukung untuk tercapainya masyarakat religius yang  mempraktekan cara-cara hidup bermasyarakat sesuai dengan aturan-aturan agama yang dianutnya. Semoga saja…

  1. 20170323_100139[1] 20170323_100150[1] 20170323_102855[1]