PIN POLIO TAHUN 2016

IMG_1043Pekan Imunisasi Nasional serentak dilaksanakan pada hari ini selasa, 8 Maret 2016  sampai dengan 15 Maret 2016. Tujuan dilaksanakannya PIN Polio adalah agar indonesia bebas polio tahun 2020, setidaknya itu yang merupakan turunan dari cita-cita WHO untuk mewujudkan dunia bebas polio.

Di Kecamatan Cimanggis Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional dilaksanakan pada Kelurahan Mekarsari, tepatnya di RW. 13, ini merupakan pencanagan PIN Tingkat Kecamatan. Acara tersebut dihadiri Pjs. Ketua PKK Tingkat Kota Depok, sedang dari kecamatan diwakili oleh Sekretaris Camat. Selain itu pencanagan PIN Polio juga dilaksanakan pada Kelurahan Harjamukti. Dalam pencanagan di Harjamukti ini agak sedikit berbeda karena dihadiri oleh Walikota terpilih masa jabatan Tahun 2016-2021. Dalam sambutan dan sekaligus membuka acara pencanagan PIN Polio, Walikota menyampaikan kegiatan PIN ini merupakan salah satu kegiatan yang religius, karena dalam ajaran agama sendiri kita dianjurkan untuk senantiasa memperhatikan jangan sampai kita meninggalkan anak keturunan yang lemah. Kesehatan adalah sesuatu yang berharga, tidak ada yang lebih berharga dari kesehatan.

IMG_1043

Imunisasi menjadi penting dalam usaha melindungi anak keturunan kita dari penyakit dan mencegah kecacatan dan kematian. Setiap orang mempunyai peranan penting dalam upaya  pencegahan penyakit melalui Imunisasi.Imunisasi dasar lengkap diperlukan agar anak mendapatkan perlindungan optimal. Imunisasi diberikan kepada Bayi umur 0-9 Bulan, dan dilanjutkan dengan imunisasi Batita yaitu Umur 1,5 – 2 Tahun. Pada PIN Polio kali ini diperuntukan bagi Balita 0- 59 bulan untuk memberikan perlindungan optimal terhadap Virus Polio.

Penyakit polio disebabkan oleh Virus yang menyerang saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan yang menetap dan tidak dapat diobati. Gejala penderita penyakit ini demam, nyeri otot dan kelumpuhan yang menetap.  penyakit ini juga dapat menular melalui kotoran manusia yang terkontaminasi virus polio yang mencemari makanan dan minuman.

Pada akhirnya semoga segala daya dan upaya akan  memperoleh  hasil yang optimal demi terwujudnya generasi penerus bangsa yang sehat dan berguana bagi kemajuan bangsa dan negara serta agama.